Keajaiban Sedekah

Keajaiban Sedekah Bagi Kehidupan Kita

Diposting pada

Keajaiban Sedekah bagi kehidupan kita memang sangat sungguh menakjubkan. Hal ini saya katakan dan saya berani jamin karena saya juga mengalaminya. Berikut ini saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya tentang keajaiban bersedekah, bukannya sombong atau apa, cuma sedikit berbagi dan sedikit mengingatkan saja, so ambil positifnya yah.


Kata Ustadz Tentang Keajaiban Sedekah

Jika kita sering ke pengajian, atau melihat ceramah ustadz di televisi tentang sedekah, maka sering kita mendengar kata-kata “jika kita bersedekah, maka Allah SWT akan membalasnya berlipat ganda, itu merupakan Keajaiban Sedekah“. Yup itu memang benar, bahkan bisa lebih. Tapi yang perlu di ingat jangan selalu dianggap balasan dari Allah SWT adalah sebagai uang, karena Allah SWT dalam berbagai bentuk dan wujud, dan itu pastinya rahasia Allah SWT. Yang jelas yang terbaik untuk yang bersedekah.


Surat Dalam Al-Quran dan Hadist Nabi yang berkaitan dengan Keajaiban Bersedekah

Sumber : www.alquran-syaamil.com

QS. Al-Baqarah : 245 ”Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik, maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan kelipatan yang banyak, dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan”

QS. Al-Baqarah : 254 “Wahai orang-orang yang beriman! Sebarkanlah sebahagian dari apa yang telah Kami berikan kepada kamu, sebelum tibanya hari (kiamat) yang tidak ada jual beli padanya dan tidak ada kawan teman (yang memberi manfaat), serta tidak ada pula pertolongan syafaat dan orang-orang kafir, mereka itulah orang-orang yang zalim”

QS. An-Nisa : 39 “Dan apakah (kerugian) yang akan menimpa mereka jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhirat, serta mereka mendermakan (sedekah) sebagian dari harta yang telah dikurniakan Allah kepada mereka?”

QS. An-Nisa : 114 “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah atau berbuat kebaikan atau mendamaikan di antara manusia dan sesiapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridaan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar”

QS. Al-Hadid : 18Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (pembayarannya oleh Allah) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

HR. Bukhari Muslim “Sesungguhnya sedekah seseorang walau hanya sesuap, akan dikembangbiakkan oleh-Nya seperti gunung, maka bersedekahlah.”

HR. Imam Muslim “Harta itu tidak akan kurang dengan disedekahkan.”

Ali bin Abi Thalib r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Segeralah bersedekah, sesungguhnya musibah tidak dapat melintasi (mendahului) sedekah.” (Razin, Misykât). Ali berkata: “Pancinglah rezeki dengan sedekah.” “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”


Pengalaman Tentang Keajaiban Bersedekah

Keajaiban Sedekah bagi  saya. Saya adalah seorang freelance desain grafik, web desain, fotografer, dan desain interior (hehe promosi dikit). Namanya seorang freelance mempunyai pendapatan yang tidak pasti setiap bulan nya. Tetapi saya selalu melakukan sedekah tiap bulannya. Alhasil bukannya penghasilan saya berkurang, tetapi tiap bulan selalu ada proyek yang datang silih berganti. Dan sayapun bisa hidup tiap bulannya. Bayangkan saja, saya hanya lulusan SMA, dua kali kuliah juga tidak selesai, jika saya bekerja paling saya cuma jadi karyawan biasa, tetapi saya memilih jalan sendiri sebagai freelance, dan dengan bersedekah saya bisa hidup mandiri.

Berapa yang harus saya sedekahkan ?

Saya tidah begitu paham tentang perhitungan bersedekah, saya juga sedikit tidak paham tentang perhitungan Sodaqoh dan Zakat Mal. Yang saya paham adalah keiklasan dan niat saja. Saya biasa menggunakan perhitungan saya sendiri untuk menentukan jumlah sedekah saya setiap bulannya, entah itu benar atau salah yang penting saya niat dan iklash.

Misal, jika saya bulan ini berpendapatan Rp. 1.000.000 atau kurang sedikit, maka saya akan bersedekah Rp. 100.000. Jika saya berpendapatan Rp. 2.000.000 atau kurang, maka saya akan bersedekah Rp.200.000, dan seterusnya.

Suatu ketika saya pernah terlupa untuk bersedekah, dan saya merasakan kesulitan dalam mencari penghasilan. Kemudian saya bersedekah dan saya merasakan penghasilan saya dapatkan dengan lancar. Itulah Keajaiban Sedekah yang saya rasakan.


Kesimpulan Keajaiban Sedekah

Saya dapat menyimpulkan keajaiban sedekah, yaitu jangan pernah selalu berharap mendapat penghasilan yang berlipat-lipat jika kita bersedekah, intinya kita iklas dan niat saja, jangan terlalu berharap. Misalkan “Saya mau bersedekah Rp.10.000.000 ahh agar besok saya dapat Rp. 20.000.000” jiah jangan seperti itu yahhh. Intinya iklas, niat dan menjalankan Perintah Allah SWT yang tertulis di Al-Quran yah^^.

Dan bagi saya, dengan bersedekah dapat memperlancar usaha saya sebagai freelance yang selalu berkembang. Sekian dan terima kasih, semoga artikel saya tentang Keajaiban Sedekah ini dapat bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.