pengertian html

Pengertian HTML

Diposting pada

Pengertian HTML adalah bahasa standar untuk membuat halaman-halaman web (Kadir, 2009). HTML sendiri adalah singkatan dari Hiper Text Makrup Language, Nah masih bingung dengan pengertian HTML ?

Bahasa Markah / Markup Language adalah sistem modern untuk menganotasi dokumen dengan cara yang secara sintaksis dibedakan dari teks.

Tentu kalau cuma kayak gitu pasti bingung. Pengertian HTML yang lain menurut Wikipedia Indonesia adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web,  menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintergrasi. Pasti setelah mambaca pengertian HTML menurut Wikipedia Indonesia tambah bingung nih, hehe,.

ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah Kode standar Amerika untuk pertukaran informasi.

Halaman web itu kan disusun dari kode-kode html, ekstensinya .html yang disimpen di server. Nah file hmtl ini yang dikirimkan dari server ke browser kita. Trus, browser yang nerjemahin kode-kode hmtl ituh sehingga menghasilkan suatu tampilan yang indah yang kita lihat. Yuk mengenal lebih jauh tentang HTML, jangan cuma dari pengertiannya saja.


Sejarah Singkat HTML

pengertian htmlHTML pertama kali dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic.

HTML  mengalami perubahan yang amat cepat, tiap-tiap perkembangan versi HTML mempunyai kekuatan serta sarana yang lebih baik baik dari versi sebelumnya. Sebelum sebuah versi HTML di sahkan sebagai dokumen HTML yang standar, sebelumnya harus disetujui oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat. Setelah ini kita akan mengetahui tentang perkembangan dari HTML.

W3C ( World Wide Web Consortium ) adalah suatu konsortium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar World Wide Web.


Perkembangan Versi HTML

HTML Versi 1.0

HTML versi 1.0 (1989) memiliki kemampuan antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya ( wrapping ).

HTML Versi 2.0

HTML versi 2.0 (1995) penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

HTML Versi 3.0

HTML versi 3.0 (1996) menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2.

HTML Versi 4.0

HTML versi 4.0 (1997) memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya. Perubahan ini terjadi di hampir segala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain- lain

HTML Versi 5.0

HTML Versi 5.0 (2009) adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan Java Script. Teknologi ini mulai diluncurkan pada tahun 2009


Cara Membuat HTML

Untuk cara membuat HTML dibutuhkan sofware khusus, berikut ini software yang populer untuk membuat sebuah HTML :

  1. Notepad Default Windows
  2. Notepad++
  3. Macromedia Dreamwever
  4. Sublime

Contoh Dokumen HTML

Berikut ini adalah contoh dokumen HTML sederhana

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>Pengertian HTML | gilangajip.com</title>
    </head>
    <body>
        <p>Pengertian HTML | gilangajip.com</p>
    </body>
</html>

Komponen utama pada sebuah dokumen HTML adalah head dan body, Jika ingin belajar dan mengutak atik contoh HTML di atas, silakan download disini.


Kesimpulan Pengertian HTML

HTML ibarat adalah sebuah bahasa, dan bahasa sendiri dapat berkembang dan dimodifikasi setiap perkembangan jaman. Sama halnya dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jerman, dan lain-lainnya, semua memiliki fungsi dan kegunaan di daerahnya masing-masing. Intinya jika mau belajar dan ada niat pasti bisa. Terima kasih dan semoga bermanfaat. HTML berbeda dengan PHP.

7 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.